Jumat, 08 Februari 2013

CTL
Salam ABC-ed!. CTL - Contextual Teaching and Learning. ABC education kali ini akan menyampaikan perihal metode pembelajaran yang saat ini lagi gencar-gencarnya di Indonesia khususnya dan negara-negara lain.

Apakah sebenarnya CTL itu? Marilah kita telaah beberapa definisi CTL untuk memahami proses pembelajaran ini dengan baik. Menurut Sears (2001), Contextual Teaching and Learning adalah suatu konsep yang membantu guru menghubungkan mata pelajarannya dengan situasi dunia nyata. Sedangkan Johnson (2003) mendefinisikan CTL sebagai suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk membantu siswa memahami makna yang ada pada bahan ajar yang mereka pelajari dengan menghubungkan pelajaran dalam konteks kehidupan dalam sehari-harinya dengan konteks kehidupan probadi, sosial, dan kultural. Untuk mencapai tujuan ini, sistem ini mencakup tujuh komponen: membuat hubungan yang bermakna, melahirkan kegiatan yang signifikan, belajar sendiri secara teratur, kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif, mencapai standart tinggi, dan menggunakan penilaian otentik.

Ada definisi lain dari Departemen Pendidikan Amerika Serikat: Contextual Teaching and Learning adalah suatu konsep mengajar dan belajar yang membantu guru menghubungkan kegiatan dan bahan ajar mata pelajarannya dengan situasi nyata dan memotivasi siswa untuk dapat menghubungkan pengetahuan dan terapannya dengan kehidupan sehari-hari siswa sebagai anggota keluarga bahkan sebagai anggota masyarakat dimana dia harus hidup (US Department of Education, 2001).

Apakah Anda sudah memahami ketiga definisi di atas? Tentunya Anda sependapat bahwa sebenarnya ketiga definisi ini tidak ada yang bertentangan bukan?

InsyaAllah pada postingan selanjutnya ABC education akan membahas dan mengulas lebih lanjut tentang Metode Pembelajaran Kontekstual ini atau yang sering disebut CTL ini dengan tema KOMPONEN-KOMPONEN CTL.

Semoga catatan ini bermanfaat, khususnya bagi para pendidik anak bangsa ini. Amien. Salam ABC-ed!.

Artikel ini diposting oleh : Al-Ly Oman | ABC education

Anda telah membaca sebuah artikel yang berjudul Metode Pembelajaran Kontekstual - CTL. Semoga ulasan pada artikel ini memberi manfaat, dapat menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan Anda.

:: Terima kasih telah berkunjung di ABC education ::

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi adalah sesuatu yang terindah. Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan tinggalkan komentar Anda setelah membaca artikel di atas.
Komentar Anda merupakan bahan review pada artikel yang bersangkutan maupun artikel-artikel yang akan diposting di kemudian hari.