Senin, 06 Mei 2013

Aliran Filsafat dan Madzhab Psikologi Pendidikan
Salam ABC Education.

A. Aliran Filsafat Pendidikan

Ada empat aliran filsafat pendidikan yaitu:
  • Idealisme (Plato), menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (realita) hanyalah ide (gagasan) murni yang ada dalam alam fikiran.
  • Realisme (Aristoteles), menyatakan bahwa keadaan itu ada di alam nyata, tidak dikonsepkan dari alam fikiran.
  • Rasionalisme, menyatakan bahwa pengembangan dari aliran Idealisme dan lebih bersifat rasional (Rene Descartes): pengetahuan ilmiah tidak berdasarkan pengalaman karena hal yang kita alami selalu berubah-ubah dan tidak bisa menjadi dasar dari pengetahuan. Konsep pengetahuan bersifat ide dasar yang dikembangkan melalui proses penalaran deduktif.
  • Empirisme (Thomas Hobbes dan dikembangkan oleh John Locke yang selanjutnya dikenal dengan teori Tabula Rasa atau kertas kosong), menyatakan bahwa sumber harus dicari dalam dunia dan legitimitas dalam demonstrasi.

B. Madzhab Psikologi Pendidikan

Ada tiga madzhab psikologi pendidikan, yaitu:
  • Nativisme, bahwa belajar bersumber dari bawaan atau faktor indogin. Artinya apa yang terjadi pada diri manusia memang sudah ada bakat dalam penciptaannya (Arthur Schovenhour).
  • Empirisme, bahwa belajar tergantung pengaruh lingkungan atau faktor exogin (John Locke). Ide terkenal yang dicetuskan John Locke adalah "tabula rasa" yang berarti buku tulis putih yang kosong atau lembaran yang kosong. Anak yang baru lahir bagaikan kertas putih yang bersih (belum tertulisi) sebagai obyek untuk diperlakukan sesuai dengan kondisi lingkungan (subyek).
  • Konvergensi, merupakan gabungan dua kutub paham yang berbeda antara Nativisme dan Empirisme, dan menyatakan bahwa belajar adalah hasil interaksi antara pembawaan dan lingkungan manusia (William Sternt).
Semoga bermanfaat.
 

Artikel ini diposting oleh : Al-Ly Oman | ABC education

Anda telah membaca sebuah artikel yang berjudul Aliran Filsafat Dan Madzhab Psikologi Pendidikan. Semoga ulasan pada artikel ini memberi manfaat, dapat menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan Anda.

:: Terima kasih telah berkunjung di ABC education ::

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi adalah sesuatu yang terindah. Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan tinggalkan komentar Anda setelah membaca artikel di atas.
Komentar Anda merupakan bahan review pada artikel yang bersangkutan maupun artikel-artikel yang akan diposting di kemudian hari.