Kamis, 07 Februari 2013

Selamat datang sobat-sobat di ABC education, yang pada kesempatan ini akan membahas perihal tips blogging dan menulis tentang desain serta pedoman konten yang baik agar situs atau blog (konten) kita terindeks oleh Search Engine Google dan yang lainnya.

Pedoman ini akan membantu Google menemukan, mengindeks, dan memberi peringkat situs Anda. Bahkan jika Anda memilih untuk tidak menerapkan salah satu saran, Anda dianjurkan untuk memperhatikan "Panduan Kualitas," yang akan menguraikan beberapa praktik terlarang yang dapat menyebabkan situs dihapus dari indeks Google atau sebaliknya dipengaruhi oleh tindakan spam yang algoritmik atau manual. Jika situs telah dipengaruhi oleh aksi spam, mungkin tidak lagi muncul dalam hasil indeks di Google.com atau pada salah satu situs mitra Google.

Bila situs Anda sudah siap:

  • Kirim ke Google di http://www.google.com/submityourcontent/.
  • Kirim Sitemap menggunakan Google Webmaster Tools. Google menggunakan Sitemap Anda untuk mempelajari tentang struktur situs Anda dan meningkatkan jangkauan Google ke halaman web/blog Anda.
  • Pastikan semua situs perambah yang harus tahu tentang halaman Anda mengetahui situs Anda sedang online.
Desain dan pedoman konten webDesain dan pedoman konten
  • Buatlah situs dengan hirarki yang jelas dan links teks (link yang dikenali mesin pencari). Setiap halaman harus dapat dicapai dari setidaknya satu link teks statis.
  • Tunjukkan peta situs kepada pengguna dengan link yang mengarah ke bagian penting dari situs Anda. Jika peta situs memiliki jumlah link yang sangat besar, disarankan Anda memecah peta situs menjadi beberapa halaman.
  • Batasilah link pada halaman tertentu ke nomor yang wajar.
  • Buatlah konten yang berguna, kaya informasi situs, dan tulislah halaman secara jelas dan akurat yang menjelaskan konten web/blog Anda.
  • Pikirkan kata-kata pengguna akan mengetikkan "keyword" untuk menemukan halaman Anda, dan pastikan bahwa situs Anda benar-benar memuat kata-kata tersebut di dalamnya.
  • Cobalah untuk menggunakan teks daripada menggunakan gambar untuk menampilkan nama, isi, atau link. Crawler Google tidak mengenali teks yang terkandung dalam gambar. Jika Anda harus menggunakan gambar untuk konten tekstual, pertimbangkan untuk menggunakan "ALT" atribut untuk memasukkan beberapa kata dari teks deskriptif.
  • Pastikan bahwa <title> elemen dan atribut ALT yang deskriptif dan akurat.
  • Periksa link mana yang rusak dan bagaimana markup HTML yang benar.
  • Jika Anda memutuskan untuk menggunakan halaman dinamis (misalnya URL berisi karakter "?"), harus Anda ketahui bahwa tidak semua spider mesin pencari  menjelajah halaman dinamis sebaik halaman statis. Ini dapat membantu untuk menjaga parameter pendek dan jumlah link yang sedikit.
Demikian tips untuk Desain dan Pedoman KontenWeb/situs/blog yang baik menurut Google Webmaster. Semoga dapat membantu rekan-rekan blogger dalam optimalisasi web (situs) atau blog, sehingga dapat memacu terus untuk berkarya yang lebih baik. Dan postingan selanjutnya insyaAllah akan dibahas dalam tema bagaimana teknis melakukan pedoman-pedoman yang diharapkan oleh Webmaster sebagaimana tersebut di atas. Mudah-mudahan dapat menambah wawasan kita. Amien....Salam blogger.

Artikel ini diposting oleh : Al-Ly Oman | ABC education

Anda telah membaca sebuah artikel yang berjudul Desain Dan Pedoman Konten Agar Situs Terindeks Google. Semoga ulasan pada artikel ini memberi manfaat, dapat menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan Anda.

:: Terima kasih telah berkunjung di ABC education ::

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi adalah sesuatu yang terindah. Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan tinggalkan komentar Anda setelah membaca artikel di atas.
Komentar Anda merupakan bahan review pada artikel yang bersangkutan maupun artikel-artikel yang akan diposting di kemudian hari.