Rabu, 13 Februari 2013

Mengenal Struktur PHP dan HTML
Salam acb-ed! Semangat pagi sobat ABC education yang dirahmati Allah. Pada kesempata siang hari ini kami akan menguraikan perihal PHP dan HTML yang merupakan suatu "bahasa" dalam bentuk "code" yang dikenali oleh web browser untuk internet. Dan ini biasanya digunakan untuk membangun sebuah website/blog dan aplikasi-aplikasi yang berbasis intenet (internet apps). 

Mengapa kita harus tahu tentang PHP dan HTML? Kami rasa pengetahuan tentan keduanya sangat penting untuk kita ketika nanti menentukan dengan kode bahasa apa kita akan membangun website/blog kita. Dengan PHP yang teritegrasi ke HTML atau dengan kedua-suanya kita sertakan bersama? Oleh karena itu, penting juga kan kita mengetahui bagaimana keduanya bekerja? Nah penjelasan singkat berikut ini mungkin dapat membantu Anda.

Sebuah website/blog adalah kumpulan dokumen yang ditulis dalam bahasa HTML. Ketika pengguna melihat sebuah website dengan browser (misalnya Netscape), browser ini mampu mengikuti petunjuk yang disajikan untuk itu dalam HTML untuk membuat website terlihat dengan cara tertentu. Klik disini untuk membuka jendela browser baru yang akan menunjukkan Anda sebuah website kebanyakan. Jika Anda ingin melihat kode HTML untuk situs ini, Anda akan melihat pesan berikut:

<html>
<title> Sebuah Website Rata-rata </ ​​title>
<body bgcolor="#003399" text="#ffcc33">
<h1> Sebuah Website Rata-rata </ ​​h1>
<p> ini adalah situs rata-rata.
</ Html>

Kode HTML di atas untuk "website rata-rata" adalah statis. Artinya, jika pengguna adalah untuk reload website statis, mereka akan melihat konten yang sama setiap waktu. Isinya ditulis langsung oleh penulis, dan ketika pengguna masuk ke situs, kode yang didownload ke dalam browser dan diinterpretasikan.

Berbeda dengan website statis, website dinamis adalah salah satu yang isinya dibuat ulang setiap kali kunjungan pengguna atau ulang situs. Klik disini untuk membuka jendela browser baru ke halaman dinamis yang menceritakan waktu pada detik tertentu yang itu diakses. Jika Anda klik pada "Reload" kali tombol beberapa, Anda akan melihat bahwa waktu akan berubah.

Ada berbagai bahasa yang tersedia untuk membuat website dinamis tetapi dalam penjelasan ini, kami akan sedikit fokus pada PHP sebab kode-kode dalam struktur HTML mungkin kita anggap mudah dan sangat familiar dengan kita. PHP singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor. Hal ini membingungkan banyak orang karena kata pertama dari akronim adalah singkatan. Jenis akronim disebut singkatan rekursif. Yang penasaran dapat mengunjungi Free On-Line Dictionary of Computing untuk informasi lebih lanjut tentang singkatan rekursif.

Keuntungan dari PHP (disamping itu tersedia tanpa biaya DAN bahwa itu adalah Free Software sehingga Anda memiliki kebebasan untuk menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, mengubah dan memperbaikinya) adalah bahwa ia menawarkan kompatibilitas cross-platform. Dengan kata lain, tidak akan peduli apa platform (Microsoft Windows, Machintosh, atau versi Unix) pengguna Anda berjalan, karena tidak ada kebutuhan untuk perangkat lunak tambahan untuk melihat konten dinamis PHP. Hal ini karena konten dinamis diproses pada sisi server, dan kemudian dikirim seolah-olah itu statis.

Bila Anda membuat halaman web statis, Anda hanya menulis kode HTML. Menulis halaman dinamis  mirip dengan PHP, kecuali Anda menanamkan kode PHP dalam kode HTML. Untuk alasan ini PHP disebut HTML-embedded scripting language. Sebagai contoh, perhatikan kode PHP untuk di atas waktu menceritakan halaman:
 
<html>
<h3> The Tanggal & Waktu: </ h3>
  <? echo (date ("l dS F Y h: i: s A"));>?
</ Html>
 
Catatan: Jangan khawatir jika Anda tidak memahami semua detail dari kode PHP di atas. Ini hanya sebuah contoh untuk menunjukkan bagaimana PHP tertanam dalam HTML. Semua yang perlu Anda ketahui untuk saat ini adalah bahwa PHP dapat mengambil waktu dan tanggal dan menampilkannya secara dinamis pada halaman web.
 
Perhatikan bahwa dalam contoh di atas PHP dibedakan dari HTML dengan <simbol? (Kurang diikuti dengan tanda tanya) dan> (tanda tanya diikuti oleh yang lebih besar daripada)?. The <Kombinasi simbol? membuka sebuah pernyataan PHP, dan menceritakan webserver bahwa semua pernyataan yang mengikuti sampai kombinasi simbol> adalah? pernyataan PHP. Anda juga dapat memiliki urutan "php" setelah tanda tanya pertama Anda (<? Php). Para syntaxes berikut adalah kedua cara yang sah untuk menunjukkan blok kode PHP:

<? ... ?>
<Php ...? ?>

Nah, sampai di sini dulu penjelasan singkat tentang Mengenal struktur PHP dan HTML yang mudah-mudahan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan Anda. Penjelasan sederhana ini merupakan konsep dasar dari Struktur PHP dan HTML. Untuk artikel yang lain mengenai PHP dan HTML akan kami bahas pada kesempatan yang lain. Semangat pagi sobat ABC education.

Salam abc-ed!

Artikel ini diposting oleh : Al-Ly Oman | ABC education

Anda telah membaca sebuah artikel yang berjudul Mengenal Sturktur PHP dan HTML. Semoga ulasan pada artikel ini memberi manfaat, dapat menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan Anda.

:: Terima kasih telah berkunjung di ABC education ::

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi adalah sesuatu yang terindah. Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan tinggalkan komentar Anda setelah membaca artikel di atas.
Komentar Anda merupakan bahan review pada artikel yang bersangkutan maupun artikel-artikel yang akan diposting di kemudian hari.